WHAT'S NEW?
Loading...

Penyebab Penyakit Asam Urat, dan Cara Mengobatinya

sakit asam urat
Sakit Asam Urat

Penyakit asam urat adalah bentuk arthritis (peradangan sendi) yang dikenal masyarakat dengan istilah encok. Kondisi ini terjadi ketika kadar purin dalam darah terlalu tinggi sehingga menimbulkan nyeri tajam. Semakin banyak purin dalam tubuh, semakin banyak juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.
Purin yang berlebih biasanya akan dibersihkan oleh ginjal dan dibuang dari dalam tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar uric acid bisa terus menumpuk jika ginjal tidak efektif membuang asam atau ketika tubuh terus memproduksinya dalam jumlah banyak.
Kelebihan kadar purin ini akan mengalir dalam darah dan kemudian mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar persendian dan jaringan lunak tubuh lainnya. Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda. Namun jangan khawatir, gejala encok biasanya bisa hilang dalam satu atau dua hari.
Encok adalah penyakit yang umum, terutama pada orang dewasa yang berusia sekitar 40-50 tahun. Akan tetapi, orang dewasa muda sekitar 20 tahun-an atau lebih juga bisa mengalaminya.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, asam urat disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam darah. Purin adalah protein yang diproduksi sendiri oleh tubuh, tapi juga terkandung pada banyak makanan.

1. Makanan dan minuman

Penyebab asam urat yang paling umum berasal dari makanan atau minuman tinggi purin. Asupan purin berlebih dari makanan dapat semakin menambah kadar purin alami di dalam tubuh. Akibatnya, ginjal akan kelimpungan untuk membilas kelebihannya.
Berikut berbagai makanan yang bisa jadi penyebab asam urat:

Alkohol


Orang yang sering minum alkohol lebih berisiko terkena encok. Alkohol tidak hanya bisa memicu produksi uric acid lebih banyak, tapi juga membuat ginjal harus bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihannya.

Minuman bersoda


Minum minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Namun, jangan salah, terlalu banyak minum minuman ini bisa jadi penyebab asam urat. Minuman bersoda cenderung mengandung gula tambahan yang bisa memicu produksi uric acid lebih banyak. Jika terus terjadi, zat tersebut akan menumpuk dan mengkristal hingga menyebabkan peradangan pada sendi.

Sayuran hijau tertentu


Makan sayur itu sehat. Sayangnya, bagi orang dengan yang memiliki encok, beberapa sayuran bisa jadi penyebab asam urat kambuh. Untuk itu, mereka perlu menghindari beberapa sayuran tertentu.
Sayuran seperti kembang kolbayam, dan jamur memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Walaupun risikonya tidak sebanding dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran ini.

Daging hewan dan makanan laut


Daging merah dan daging putih baik untuk mencukupi kebutuhan protein harian kita. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya menjadi penyebab asam urat kambuh terus.
Sebaiknya batasi porsi maksimal 6 ons daging per hari, dengan batas 3 ons per porsi makanan. Selain itu, makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, dan lobster juga mengandung purin yang tinggi. Jika dikonsumsi sembarangan, risiko encok pun jadi lebih besar.

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat diuretik jangka panjang telah dikaitkan dengan risiko terkena encok yang semakin tinggi. Sebab obat jenis ini bisa membuat Anda lebih sering buang air.
Kondisi tersebut bisa mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Cairan yang tersisa kemungkinan besar akan mengendap dan mengkristal, yang akhirnya menyebabkan penyakit asam urat di kemudian hari.
Obat antihipertensi tertentu juga berisiko meningkatkan kadar asam urat, sehingga dapat mengakibatkan encok.

3. Memiliki kondisi medis tertentu

Secara alami, ginjal memang akan menyeimbangkan kadar purin yang ada di dalam tubuh. Namun, proses itu bisa berjalan lambat pada orang dengan beberapa kondisi medis, seperti:
  • Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
  • Psoriasis
  • Insufisiensi ginjal (ketidakmampuan ginjal untuk menyaring zat sisa)
Tanda dan Gejala Penyakit Asam Urat

Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang akan merasakan gejala asam urat yang sama. Namun, gejala yang umumnya sering terjadi, meliputi:
  • Nyeri sendi mendadak
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
  • Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas
  • Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi
  • Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)
Biasanya gejala encok hanya memengaruhi satu sendi, misalnya pada kaki. Area yang paling sering mengalami nyeri sendi adalah jempol kaki, dikenal dengan istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki).
Banyak orang yang merasakan encok hanya pada kaki atau tangan, namun kondisi ini sebenarnya bisa terjadi hampir di semua sendi yang ada pada tubuh. Rasa sakit yang semakin parah menandakan bahwa peradangan pada sendi sudah semakin memburuk.

Pilihan Obat Asam Urat Alami.

Beberapa obat asam urat alternatif alami yang mungkin sudah Anda punya di rumah, antara lain:

1. Seledri

Seledri kaya antioksidan lengkap dengan asam fenolik dan quercetin yang bisa melindungi persendian dari peradangan. Selain itu, biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat.
Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari seledri yang dibuat jus atau minum suplemen ekstrak seledri.

2. Ceri

Tidak berbeda jauh dengan seledri. Buah ceri juga memiliki manfaat yang sama, yaitu melindungi tubuh dari peradangan. Penggunaan obat allopurinol dengan tambahan jus ceri dapat menurunkan risiko penyakit ini sebesar 75 persen.

3. Minyak ikan dan suplemen magnesium

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk mencegah peradangan dalam tubuh. Sementara itu, magnesium dapat memperlambat produksi uric acid pada tubuh.


0 komentar:

Posting Komentar