WHAT'S NEW?
Loading...

OBAT HERBAL ALAMI SAKIT PINGGANG JAMU RAJA JAWA

obat herbal alami sakit pinggang jamu raja jawa
JAMU RAJA JAWA OBAT SAKIT PINGGANG

jamu raja jawa kanan

jamu raja jawa depan

jamu raja jawa kiri

Sekitar 80% orang dewasa pernah mengalami sakit pinggang dalam hidupnya. Baik pria maupun wanita, semuanya dapat mengalami nyeri pinggang, dengan intensitas yang bervariasi, mulai dari nyeri tumpul yang menetap hingga nyeri tajam yang mendadak.

Kenapa Sakit Pinggang Bisa Terjadi?

Sakit pinggang dapat muncul secara tiba-tiba sebagai akibat dari kecelakaan atau pada saat mengangkat benda berat, atau bisa juga muncul secara perlahan-lahan seiring dengan bertambahnya usia. Gaya hidup sedenter (jarang bergerak) juga dapat memicu nyeri pinggang, apalagi bila pada hari kerja seseorang jarang bergerak, sedangkan pada hari libur melakukan olahraga yang berlebihan.
Penyakit ini bisa terjadi di bagian mana saja, mulai dari sakit pinggang sebelah kiri maupun kanan. Kebanyakan pinggang sakit bersifat akut, atau jangka pendek, dan menghilang dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Nyeri seperti ini cenderung sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas, baik secara fisik maupun fungsional.
Sebagian besar penyebab sakit pinggang akut terjadi karena faktor mekanik, artinya terdapat gangguan pergerakan dan posisi struktur-struktur yang ada di punggung (yaitu tulang belakang, otot, diskus intervertebralis, dan serabut saraf).
Sakit pinggang subakut diartikan sebagai nyeri pinggang yang terjadi selama 4-12 minggu. Sedangkan nyeri pinggang kronis adalah nyeri yang menetap hingga 12 minggu atau lebih, meskipun penyebabnya telah diatasi.
Sekitar 20% orang yang pernah mengalami sakit pinggang akut berlanjut menjadi kronis dengan gejala yang menetap hingga satu tahun lamanya. Pada beberapa kasus, pinggang sakit kronis ini dapat disembuhkan, tetapi pada beberapa kasus yang lain, nyeri tetap ada meskipun telah dilakukan terapi ataupun tindakan operasi sehingga perlu dicari cara mengobati sakit pinggang lain.

Penyebab Sakit Pinggang

Sebagian besar penyebab sakit pinggang dikarenakan faktor mekanis. Pada beberapa kasus, pinggang sakit berhubungan dengan spondilosis, yaitu gangguan fungsi tulang belakang yang secara normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa contoh penyebab mekanis nyeri pinggang adalah:

1. Sakit pinggang sebelah kanan karena sprain/strain

Sprain disebabkan oleh peregangan atau robeknya ligamen, sedangkan strain adalah robeknya tendon atau otot. Keduanya dapat terjadi karena gerakan mengangkat barang dengan posisi yang tidak tepat, mengangkat barang yang terlalu berat melebihi kemampuan diri sendiri, atau karena olahraga (terutama latihan peregangan) yang berlebihan. Gerakan-gerakan seperti itu juga dapat menyebabkan otot-otot punggung menjadi tegang, sehingga akan terasa sakit pinggang.

2. Penipisan diskus intervertebralis

Diskus intervertebralis memungkinkan gerakan tulang belakang yang lebih bebas. Bila menipis, tulang belakang kehilangan bantalan sehingga sakit pinggang bila bergerak.

3. Ruptur atau hernia diskus intervertebralis

Suatu keadaan yang disebabkan oleh penekanan, peradangan atau cedera pada serabut saraf yang keluar dari tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit pinggang, kebas, atau kesemutan yang menjalar ke bagian tubuh yang disarafi oleh serabut saraf ini.

4. Penyebab sakit pinggang karena Sciatica

Merupakan bentuk radikulopati yang terjadi pada serabut saraf sciatica, yaitu serabut saraf besar yang berjalan mulai dari pantat hingga kaki bagian belakang. Sciatica ini menyebabkan sakit pinggang belakang.
Pinggang belakang sakit akan memunculkan rasa nyeri seperti terbakar pada pinggang yang menjalar ke pantat dan kaki di satu sisi. Pada kasus yang lebih berat, gejala yang timbul tidak hanya nyeri, tetapi bisa juga disertai dengan rasa kebas dan kelumpuhan di salah satu kaki.

5. Pergeseran ruas tulang belakang

Suatu keadaan di mana posisi dari salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dari posisi seharusnya (tidak sejajar dengan ruas di atasnya) sehingga menekan serabut saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.

6. Sakit pinggang sebelah kiri akibat cedera

Misalnya pada saat olahraga, kecelakaan kendaraan bermotor, atau jatuh dari tempat yang tinggi. Cedera ini dapat mengenai hampir semua struktur yang ada di pinggang sehingga menimbulkan gejala yang bervariasi mulai dari sakit pinggang yang paling ringan sampai yang paling berat.

7. Stenosis spinalis

Stenosis spinalis adalah penyempitan saluran sumsum tulang belakang sehingga mengakibatkan penekanan serabut saraf yang ada di dalamnya.

8. Penyebab sakit pinggang lainnya

Kelainan tulang meliputi skoliosis, lordosis, dan kelainan bawaan dari lahir. Penyebab nyeri pinggang yang serius, meskipun jarang, di antaranya adalah: infeksi, tumor, sindrom kauda ekuina, aneurisma aorta, dan batu ginjal. Faktor lain yang dapat memicu sakit pinggang antara lain: peradangan sendi (artritis), osteoporosis, endometriosis, dan fibromialgia.

Faktor-Faktor Lain yang Bisa Meningkatkan Risiko Sakit Pinggang

Sakit pinggang pada dasarnya dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, dari yang ringan hingga yang paling berat serta memerlukan penanganan khusus. Berikut ini adalah beberapa hal yang meningkatkan risiko sakit pinggang, di antaranya:
  • Sakit pinggang sebelah kanan biasanya muncul pertama kali pada usia antara 30-50 tahun dan akan semakin bertambah seiring pertambahan usia. Semakin tua usia seseorang, kepadatan tulang semakin menurun, elastisitas dan kekuatan otot akan semakin berkurang, dan diskus intervertebralis semakin menipis.
  • Tingkat kebugaran. Nyeri punggung lebih sering terjadi pada orang yang tidak bugar. Otot punggung dan perut yang lemah tidak akan mampu menopang tulang belakang. Orang yang berolahraga keras pada hari libur dan tidak berolahraga sama sekali pada hari kerja lebih berisiko mengalami nyeri pinggang daripada orang yang setiap hari berolahraga walau hanya sebentar.
  • Perubahan di daerah panggul dan penambahan beban dapat menjadi penyebab sakit pinggang.
  • Penambahan berat badan yang berlebihan dalam waktu singkat merupakan faktor sakit pinggang belakang.
  • Genetik, misalnya pada ankylosing spondilitis (suatu penyakit peradangan sendi yang diturunkan secara genetik).
  • Pekerjaan yang membutuhkan gerakan mengangkat, mendorong, atau menarik benda berat dapat menyebabkan cedera dan nyeri punggung. Pekerjaan yang menuntut posisi duduk dalam waktu lama juga dapat memicu nyeri, terutama bila posisi duduk tidak baik atau kursi kurang ergonomis.
  • Orang dengan depresi atau cemas akan lebih sering mengeluh nyeri.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Setelah mengetahui penyebab sakit pinggang, Anda bisa mengambil tindakan penyembuhan. Terapi pada pinggang sakit bergantung pada penyebab dan kondisi nyeri pinggang yang diderita. Terapi bedah hanya dilakukan bila ada indikasi.
Berikut ini beberapa cara mengobati sakit pinggang yang dapat dilakukan sendiri, di antaranya:
  • Kompres dingin atau hangat. Kompres dapat meredakan nyeri dan mengurangi peradangan (bila nyeri terjadi karena peradangan).
  • Aktivitas sehari-hari harus tetap dilakukan semampunya, hanya perlu menghindari aktivitas yang dapat memperberat nyeri. Tidak disarankan beristirahat di tempat tidur untuk waktu yang lama karena dapat memperberat nyeri dan menimbulkan gejala tambahan lain seperti depresi, penurunan kekuatan otot, dan sumbatan pembuluh darah di kaki.
  • Latihan peregangan. Latihan ini tidak disarankan pada saat fase akut (yaitu pada saat nyeri masih dirasa sangat berat). Latihan dapat mulai dilakukan setelah nyeri mulai berkurang. Latihan ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan otot dan melatih koordinasi gerak otot.
  • Cara mengobati pinggang sakit lainnya adalah terapi fisik, termasuk latihan mobilitas dan posisi tubuh yang benar. Mungkin diperlukan konsultasi dengan ahli rehabilitasi medik untuk menentukan terapi fisik yang tepat sesuai dengan kondisi penderita.
  • Obat-obatan sesuai dengan rekomendasi dokter.
Selain beberapa cara di atas, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi sakit pinggang lainnya:
  • Olahraga ringan (misalnya jalan cepat, bersepeda, berenang) selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.
  • Yoga juga dapat membantu peregangan dan memperkuat otot.
  • Selalu awali olahraga atau aktivitas berat lain dengan pemanasan.
  • Usahakan agar posisi badan selalu tegak baik pada saat duduk maupun berdiri.
  • Pada saat bekerja, pastikan posisi meja dan kursi nyaman. Bila perlu, tambahkan bantal pada sandaran kursi atau gunakan tumpuan di bawah kaki bila kursi terlalu tinggi.
  • Bila pekerjaan menuntut posisi duduk dalam waktu lama, usakan agar sering mengubah posisi duduk dan berjalan-jalan atau meluruskan kaki.
  • Kenakan sepatu yang nyaman.
  • Tidur miring dengan posisi kaki ditekuk atau tidur terlentang dengan ditambahkan bantal di bawah lutut, punggung, dan leher. Tidur pada permukaan kasur yang sedikit keras lebih baik daripada di kasur yang terlalu empuk.
  • Jangan mengangkat benda berat melebihi kemampuan diri sendiri. Bila mengangkat suatu benda berat dari bawah, pastikan punggung tetap lurus (caranya dengan berjongkok lebih dahulu, benda diambil dengan kedua tangan, kemudian diangkat), jangan membungkuk. Jangan melekukkan badan secara mendadak pada saat sedang membawa benda berat.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari penambahan berat badan yang berlebihan. Makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D dapat merangsang pertumbuhan tulang.
  • Hindari merokok. Salah satu efek jangka panjang dari merokok adalah gangguan aliran darah. Bila aliran darah ke tulang belakang terganggu, tulang belakang akan lebih mudah mengalami pengeroposan yang merupakan penyebab sakit pinggang.
  • Bagi yang sudah bosan dengan pengobatan modern dan ingin kembali beralih ke obat2an herbal, dapat mencoba Jamu Raja Jawa yang berkhasiat untuk mengobati penyakit SAKIT PINGGANG. Segala Penyakit pasti ada obatnya.

    Sebaik Baik Obat adalah yang alami, bukan sintesis!! tubuh kita bukan buatan pabrik!!

    ISI KEMASAN          : 50 GRAM
    HARGA /BOTOL      : Rp. 70.000,-
    CARA PENYAJIAN    :
    1. SEDUH 1 SENDOK TEH JAMU DENGAN 150 ML AIR PANAS
    2. DIAMKAN JAMU 15-20 MENIT HINGGA JAMU MENGENDAP.
    3. MINUM AIR JAMUNYA, SISA ENDAPAN JAMUNYA(AMPASNYA) DIBUANG.

    Untuk Pemesanan dapat menghubungi Kami via telepon/ WA

    Andre      : 0838-9954-6916

    Johan      : 0878-8451-5517

SAKIT PINGGANG, SAKIT PINGGANG, OBAT SAKIT PINGGANG, OBAT HERBAL SAKIT PINGGANG, OBAT SAKIT PINGGANG HERBAL, OBAT SAKIT PINGGANG MANJUR, OBAT SAKIT PINGGANG AMPUH, OBAT SAKIT PINGGANG ALAMI, PENGOBATAN SAKIT PINGGANG, RAMUAN OBAT SAKIT PINGGANG, RAMUAN HERBAL UNTUK SAKIT PINGGANG, TERAPI SAKIT PINGGANG, PENGOBATAN SAKIT PINGGANG ALAMI, PENGOBATAN SAKIT PINGGANG HERBAL, OBAT SAKIT PINGGANG, OBAT SAKIT PINGGANG ALAMI, OBAT SAKIT PINGGANG HERBAL, OBAT SAKIT PINGGANG ALAMI, OBAT SAKIT PINGGANG AMPUH, OBAT SAKIT PINGGANG MANJUR SAKIT PINGGANG

0 komentar:

Posting Komentar